Minggu, 02 Juni 2013

Vampir Mitologis atau Folkloric

Vampir mitologis atau folkloric

                
Vampir mitologis atau folkloric makhluk yang bertahan hidup dengan memberi makan pada esensi kehidupan (umumnya dalam bentuk darah) makhluk hidup, terlepas dari apakah mereka mayat hidup atau orang hidup. 
Dalam kisah folkloric, vampir sering dikunjungi orang-orang terkasih dan menyebabkan kerusakan atau kematian di lingkungan mereka dihuni ketika mereka masih hidup. Mereka mengenakan kafan dan sering digambarkan sebagai membengkak dan wajah kemerahan atau gelap. Ini sangat berbeda dari penggambaran fiksi modern kurus, pucat vampir dimulai pada awal abad ke-19. 

Meskipun vampirik entitas telah dicatat dalam banyak budaya dan menurut spekulasi oleh sejarawan sastra Brian Frost bahwa "kepercayaan pengisap darah vampir dan setan adalah setua manusia itu sendiri", dan bisa kembali ke "zaman prasejarah", istilah vampir tidak dipopulerkan sampai awal abad ke-18, setelah masuknya vampir takhayul ke Eropa Barat dari daerah-daerah di mana legenda-legenda vampir sering, seperti Balkan dan Eropa Timur, walaupun varian lokal juga dikenal dengan nama berbeda, seperti vampir (вампир) di Serbia dan Bulgaria, vrykolakas di Yunani dan strigoi di Rumania.Tingkat peningkatan ini vampir takhayul di Eropa menyebabkan histeria massa dan dalam beberapa kasus mengakibatkan mayat sebetulnya sudah mengintai dan orang-orang yang dituduh vampir.

Cerita ini sangat sukses dan dapat dikatakan sebagai pekerjaan vampir paling berpengaruh pada awal abad ke-19. Namun, Bram Stoker 's 1897 novel Dracula yang dikenang sebagai inti novel vampir dan yang memberikan dasar vampir modern fiksi. Dracula menarik pada mitologi sebelumnya manusia serigala dan setan dan khayalan yang sama "adalah suara kecemasan dari zaman", dan "takut terlambat Victoria patriarki". 

Keberhasilan buku ini melahirkan seorang vampir khas genre, masih populer di abad ke-21, dengan buku-buku, film, video game, dan acara televisi. Vampir adalah seperti tokoh dominan dalam genre horor yang sejarawan sastra Susan Sellers tempat mitos vampir saat ini dalam "mimpi buruk keamanan perbandingan fantasi". 

Etimologi

The Oxford Dictionary inggris tanggal penampilan pertama dari kata vampir dalam bahasa Inggris dari 1734, dalam sebuah perjalanan berjudul Perjalanan Tiga inggris Tuan-tuan yang diterbitkan dalam Harleian Miscellany pada 1745. [Vampir sudah dibahas di Jerman sastra. Setelah menguasai austria utara serbia dan Oltenia pada 1718, para pejabat mencatat praktek lokal exhuming tubuh dan "membunuh vampir". Laporan-laporan ini, disiapkan antara 1725 dan 1732, mendapat publisitas luas. 

Istilah ini dalam bahasa Inggris yang diturunkan (mungkin melalui Perancis vampyre) dari Vampir Jerman, pada gilirannya diturunkan pada awal abad ke-18 dari Serbia вампир / vampir.ketika Arnold Paole, yang mengaku sebagai vampir di serbia digambarkan pada masa serbia itu dimasukkan ke dalam Kekaisaran Austria

Bentuk Serbia memiliki kesejajaran dalam hampir semua bahasa Slavia: Bulgaria вампир (vampir), Ceko dan Slowakia upír, Polandia wąpierz, dan (mungkin Slavia Timur-dipengaruhi) upiór, russian упырь (upyr '), Belarusia упыр (upyr), Ukraina упирь (upir '), dari Old Rusia упирь (upir'). 

(Perhatikan bahwa banyak dari bahasa-bahasa ini juga telah meminjam bentuk-bentuk seperti "vampir / wampir" kemudian dari Barat; ini berbeda dari kata-kata lokal asli untuk makhluk.) Etimologi yang pasti tidak jelas. Di antara yang diusulkan proto - Slavia bentuk * ǫpyrь dan * ǫpirь. lainnya, teori kurang luas, adalah bahwa bahasa-bahasa Slavia meminjam kata dari seorang Turki istilah untuk "penyihir" (misalnya, Tatar ubyr). 

Tercatat pertama menggunakan bentuk Rusia Lama Упирь (Upir ') adalah umumnya diyakini berada dalam dokumen tertanggal 6555 (1047 M). Ini adalah colophon dalam naskah Kitab Mazmur ditulis oleh seorang pendeta yang ditranskrip buku dari glagolitic ke Cyrillic untuk Novgorodian Pangeran Vladimir Yaroslavovich. Para imam menulis bahwa namanya adalah "Upir 'Likhyi" (Упирь Лихый), yang berarti sesuatu seperti "Wicked Vampir" atau "Foul Vampir". ini rupanya nama aneh telah dikutip sebagai contoh baik untuk bertahan paganisme dan penggunaan nama panggilan sebagai nama pribadi. ]

Awal lain penggunaan kata Rusia Lama dalam traktat anti-kafir "Firman Saint Grigoriy", tanggal 11 berbagai ke-13 abad, di mana pagan penyembahan upyri dilaporkan.

Kepercayaan rakyat

Daftar vampir dalam cerita rakyat dan mitologi

Namun, walaupun terjadinya vampir-seperti makhluk dalam peradaban kuno, cerita rakyat untuk entitas yang kita kenal sekarang sebagai vampir hampir seluruhnya berasal dari awal abad ke-18 Eropa Timur-Selatan, ketika tradisi lisan dari banyak kelompok etnis di kawasan tersebut direkam dan diterbitkan. Dalam kebanyakan kasus, vampir revenants dari makhluk jahat, bunuh diri korban, atau penyihir, tetapi mereka juga dapat diciptakan oleh roh jahat memiliki mayat atau digigit oleh vampir. Kepercayaan pada legenda seperti menjadi begitu meluas bahwa di beberapa daerah itu menyebabkan histeria massa dan bahkan eksekusi publik orang percaya untuk menjadi vampir.

Kepercayaan kuno
Lilith (1892), by John Collier Lilith (1892), oleh John Collier

Cerita tentang makhluk supranatural mengkonsumsi darah atau daging yang hidup telah ditemukan dalam hampir setiap kebudayaan di seluruh dunia selama berabad-abad. Hari ini kita akan mengasosiasikan entitas ini dengan vampir, tetapi di zaman kuno, istilah vampir tidak ada; minum darah dan kegiatan serupa dihubungkan dengan setan atau roh-roh yang akan makan daging dan minum darah; bahkan Iblis dianggap sinonim dengan vampir. Hampir setiap bangsa telah minum darah dikaitkan dengan beberapa jenis revenant atau setan, atau di beberapa kasus dewa.
Di India, misalnya, kisah-kisah vetalas, raksasa-seperti makhluk yang menghuni mayat, telah dikompilasi di Baital Pachisi; cerita terkemuka di Kathasaritsagara menceritakan Raja Vikramaditya dan malam quests untuk menangkap satu yang sukar dipahami. Pishacha , yang dikembalikan roh-orang yang berbuat jahat atau orang-orang yang meninggal gila, juga beruang vampirik atribut.] India Kuno dewi Kali, dengan taring dan sebuah karangan bunga mayat atau tengkorak, juga erat berkaitan dengan minum darah. Dalam kuno Mesir, dewi Sekhmet minum darah. 

Para Persia adalah salah satu peradaban pertama memiliki kisah-kisah minum darah-setan: makhluk berusaha untuk minum darah dari orang-orang yang digambarkan di digali tembikar pecahan.kuno Babilonia memiliki kisah-kisah mitos Lilitu, identik dengan dan memberikan naik ke Lilith (Ibrani לילית) dan putrinya yang Lilu dari Ibrani demonologi. Lilitu dianggap setan dan sering digambarkan sebagai hidup dari darah bayi. Namun, mitra Yahudi itu berkata kepada pesta pada kedua laki-laki dan perempuan, serta bayi yang baru lahir.

Seiring waktu dua suku pertama menjadi kata-kata umum untuk menggambarkan masing-masing penyihir dan setan.Empusa adalah putri dewi Hecate dan digambarkan sebagai setan, perunggu-footed makhluk. Dia berpesta darah dengan berubah menjadi seorang wanita muda dan menggoda laki-laki sebagai mereka tidur sebelum minum darah mereka. The Lamia memangsa anak-anak muda di tempat tidur mereka pada malam hari, menghisap darah mereka, seperti yang dilakukan gelloudes atau Gello. Seperti Lamia, striges berpesta pada anak-anak, tetapi juga memangsa laki-laki muda. Mereka digambarkan memiliki tubuh gagak atau burung secara umum, dan kemudian dimasukkan ke dalam mitologi Romawi sebagai strix, malam hari semacam burung yang diberi makan daging manusia dan darah.
Kepercayaan non-Eropa
Africa Africa

Berbagai wilayah di Afrika memiliki kisah-kisah folkloric makhluk dengan kemampuan vampirik: di Afrika Barat yang Ashanti orang mengatakan besi bergigi dan pohon-hunian asanbosam,dan orang-orang Ewe dari kampak, yang dapat mengambil bentuk kunang-kunang dan perburuan anak-anak.Bagian timur wilayah Tanjung memiliki impundulu, yang dapat mengambil bentuk burung taloned besar dan dapat memanggil guntur dan kilat, dan Betsileo rakyat Madagaskar bercerita tentang ramanga, penjahat atau hidup vampir yang minum darah dan makan paku kliping dari bangsawan. 

The Americas Amerika

Istilah Loogaroo mungkin berasal dari Perancis Loup-garou (berarti "manusia serigala") dan umum dalam budaya Mauritius. Namun, kisah-kisah para Loogaroo tersebar luas melalui Kepulauan Karibia dan Louisiana di Amerika Serikat.Serupa monster perempuan adalah Soucouyant dari Trinidad, dan Tunda dan Patasola dari Kolombia cerita rakyat, sementara Mapuche selatan Chili memiliki pengisap darah ular dikenal sebagai Peuchen. lidah buaya menggantung ke belakang di belakang atau dekat pintu diperkirakan untuk mengusir vampir makhluk di Amerika Selatan takhayul.Mitologi Aztek menggambarkan kisah-kisah dari Cihuateteo, tulang-roh yang dihadapi orang-orang yang meninggal dalam melahirkan anak-anak yang mencuri dan memasuki hubungan dengan seksual yang hidup, mengemudi mereka marah.

Ada banyak didokumentasikan disinterring kasus keluarga orang-orang terkasih dan menghapus hati mereka dengan keyakinan bahwa almarhum adalah seorang vampir yang bertanggung jawab atas penyakit dan kematian dalam keluarga, meskipun istilah "vampir" tak pernah benar-benar digunakan untuk menggambarkan almarhum.. Penyakit mematikan TBC, atau "konsumsi" seperti yang dikenal pada waktu itu, diyakini disebabkan oleh kunjungan malam hari pada bagian dari anggota keluarga yang mati yang meninggal karena konsumsi sendiri. yang paling terkenal, dan yang paling baru-baru ini direkam, kasus dugaan vampir adalah bahwa dari sembilan belas tahun Mercy Brown, yang meninggal di Exeter, Rhode Island tahun 1892. Ayahnya, dibantu oleh dokter keluarga, melepaskan dia dari makam dua bulan setelah kematiannya, memotong hatinya dan membakarnya menjadi abu. 
Asia Asia

Lebih tua yang berakar pada cerita rakyat, kepercayaan modern vampir menyebar ke seluruh Asia dengan cerita tentang entitas menjijikkan dari daratan, untuk vampirik makhluk-makhluk dari pulau-pulau di Asia Tenggara. India juga mengembangkan legenda vampir lain. Para bhuta atau pret adalah jiwa orang yang meninggal sebagai kematiannya.  ada BrahmarākŞhasa, vampir-seperti makhluk dengan kepala dikelilingi oleh usus dan tengkorak dari yang minum darah.  Namun, Nukekubi adalah seorang makhluk yang kepala dan leher melepaskan diri dari tubuhnya untuk terbang tentang manusia mencari mangsa di malam hari. 

Legenda vampir perempuan-seperti makhluk yang dapat melepaskan bagian-bagian tubuh bagian atas mereka juga terjadi di Filipina, Malaysia dan Indonesia.  

mandurugo adalah varietas aswang yang mengambil bentuk seorang gadis yang menarik hari, dan mengembangkan sayap dan panjang, kosong, benang-seperti lidah pada malam hari.  Lidah digunakan untuk menyedot darah dari korban yang sedang tidur.  manananggal ini digambarkan sebagai orang yang lebih tua, wanita cantik yang mampu memutus tubuh atasnya untuk terbang ke dalam malam dengan kelelawar besar seperti sayap dan memangsa tidak curiga, tidur ibu hamil di rumah mereka. 
Mereka menggunakan belalai yang panjang seperti lidah untuk mengisap janin dari ini hamil wanita. Mereka juga lebih suka makan isi perut (khususnya jantung dan hati) dan dahak orang sakit.

Malaysia Penanggalan mungkin baik tua maupun muda cantik wanita yang kecantikannya diperoleh melalui penggunaan aktif sihir hitam atau cara tidak wajar, dan yang paling sering digambarkan dalam cerita rakyat setempat untuk menjadi gelap atau jahat di alam.
Dia mampu melepaskan dirinya kepala yang bertaring lalat di sekitar di malam hari mencari darah, biasanya dari ibu hamil. Malaysia akan menggantung jeruju (onak) di sekitar pintu dan jendela rumah, berharap Penanggalan tidak akan masuk karena takut penangkapan dengan usus di duri. Leak adalah yang serupa dari cerita rakyat Bali. Sebuah Kuntilanak atau Matianak di Indonesia, atau Pontianak atau Kepercayaan penangkalan di Malaysia, adalah seorang wanita yang meninggal saat melahirkan dan menjadi mayat hidup, mencari balas dendam dan meneror desa.
Ia tampil sebagai wanita yang menarik dengan rambut hitam panjang yang menutupi lubang di bagian belakang lehernya, dengan yang dia mengisap darah anak-anak.  Mengisi lubang dengan rambutnya akan mengantarnya pergi. Mayat itu mulut mereka penuh dengan manik-manik gelas, telur di bawah setiap ketiak, dan jarum di telapak tangan mereka untuk mencegah mereka menjadi Kepercayaan penangkalan. 

Banyak teori untuk asal-usul keyakinan vampir telah ditawarkan sebagai penjelasan bagi takhayul, dan kadang-kadang histeria massa, yang disebabkan oleh vampir. 
Segala sesuatu mulai dari dini pemakaman ke ketidaktahuan awal dari tubuh dekomposisi siklus setelah kematian telah dikutip sebagai penyebab kepercayaan vampir.

"MENAKUTKAN"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar